Friday, December 18, 2009

150 TAHUN LALU - SEKARANG

Hari ini kongregasiku SDB genap 150 tahun, komunitasku mengadakan beberapa acara. pada paginya kami para salesian (P. Carlo, P. Paul Trung, Br. Andrw dan saya) menerima ucapan "selamat" dari semua siswa/siswi dan para staf di sekolah kami. Mereka mempersiapkan baju panas dengan tulisan pada bagian belakangnya 150 Years of SDB dan bagian depannya bergambar bendera dan kepulawan Mongolia. Ini adalah bentuk respek atas kerja kami sebagai salesian di sini di negara yang dingin ini.
Sorenya, tapat jam 17.30, bertempat di St. Mary's Chapel of Cathedral, kami adakan misa. Hampir semua missionaris datang. Juga banyak umat, guru-guru, staff di rumah anak jalanan dan para siswa (mereka yang belum dibaptis termasuk banyak dari guru-guru) hadir dalam perayaan ekaristi. Misa dipimpin oleh bapa uskup sendiri dan dalam homilinya, dia mengingatkan agar kami para SDB tetap setia pada misi dari Don Bosco berkarya bagi kaum muda yang termiskin. Selain itu dia menegaskan bahwa pembaharuan kaul yang kami lakukan adalah bentuk penyerahan diri yang total bagi Allah dan sesama, ini adalah bentuk penyerahan hidup yang total.Kita harus menjadi seperti bibit yang jatuh di tanah, mati dan memberi buah bagi yang lainnya. pembaharuan kaul juga membuat kita mati dari kefanaan kita menjadi berbuah dalam Tuhan dan sesama.
Setelah kotbah, kami berlima, berlutut di hadapan bapa uskup dan membaharaui kaul-kaul kami sebagai salesian. formula kaul kami baca dalam bahasa Mongolia. dan setelah itu, kami mencium relik dari Don Bosco sebagai lambang cinta dan kesetiaan kami pada dia dan misinya kepada kaum muda. misa berjalan dengan lancar dan kurang lebih 1,5 jam. Semua koor saya yang koordinir dan saya menjadi dirigen lagi setelah 1 tahun ga memimpin koor heeeee.
setelah misa acara makan bersama dengan semua umat di aula sekolah Don Bosco.

BE FAITFULL. BE HOLY ARNOLD.

No comments: