Sunday, June 21, 2009

DIAM, TENANGLAH!!!

Hari ini, dalam bacaan suci khususnya Injil sangat menarik, menantang, dan memberi inspirasi. Yesus setelah bekerja seharian, mewartakan Kerajaan Allah, pergi bersama para rasulNya, pergi ke tempat yang sunyi, di mana mereka kembali menimba kekuatan dari Bapa. Namun dalam perjalanan angin ribut menimpa mereka, sementara Yesus tertidur....ya Dia tertidur di buritan. Ketakutan menimpa para rasul, namun Yesus juga tetap tertidur....mereka membangunkanNya, hanya dengan dua kata: DIAM, TENANGLAH....semuanya menjadi reda, teduh, damai, dan nyaman.....namun Yesus sekali lagi menegur para rasulNya karena Iman mereka yang dangkal.
Hidup kita diumpamakan seperti sebuah kapal dan di dalamnya kita sedang berlayar, kadang kita mengalami ombak yang sangat teduh, damai, tenang dan indah, namun kadang kita mengalami badai topan kehidupan dengan berbagai persoalan dan problem, kita kadang putus asa, gelisah, cemas, dan bahkan takut menghadpi semuanya. Kita kadang mengeluh kepada Yesus: mengapa semuanya ini terjadi, mengapa masalah datang silih berganti, mengapa dan kenapa. Kita merasa Yesus tidak peduli, kita merasa Yesus jauh dari kita, kita kadang merasa Yesus tidak mau menolong kita. Padahal sadar atau tidak, Yesus bersamamu dalam persoalanmu, dalam suka dan dukamu, dalam tenangnya badai, dalam mengamuknya badai.....hanya kadang kita yang tidak mau memberi dia tempat di perahu kehidpan kita, kita tidak mau membangunkan Dia dalam doa-doa kita, kita tidak mau memberikan saat teduh kita bersama DIA, kita terlalu sibuk, ya terlalu sibuk dengan perkejaan kita....terlalu sibuk dengan berbagai urusan kita.....kita terlalu takut dengan kehidpan, terlalu cemas dengan masa depan, terlalu cemas dengan hal-hal yang bersifat sementara.
Hari ini Yesus mengingatkan kita agaar dalam setiap persoalan yang kita hadapi hendaklah kita sadar bahwa Yesus ada bersama kita, dan jika DIA berada bersama kita semua masalah dan pergumulan hidup kita akan segera teratasi....ketika kita yakin bahwa DIA bersama kita, dia akan bangkit dan berkata: DIAM - TENANGLAH...dan semua masalahmu - dalam DIA - akan terselesaikan, anda dan saya akan menemukan diri kita bersama Yesus dalam teduhnya danau, kita merasakan kedamaian dan keindahan serta ketenangan perahu kehidpan kita,.....Bersama Yesus kita akan merasakan kedamaian sejati.
Dan dari pihak kita Yesus meminta iman yang teguh. kadang kita seperti para rasul yang selalu cemas ketika datang masalah, kita menjadi panik dan kadang buntut dari semuanya kita mempertanyakan keberadaan Tuhan, mempertanyakan Yesus. Dia selalu ada bersama kita, dia bersmamu dan itulah iman kita, dan dalam DIA semuanya akan menjadi indah....
Ketika datang persoalan dalam hidupmu katakan: Hai Problem aku mempunyai Tuhan yang besar dan dasyat, dan jangan katakan Oh Tuhan aku mempunyai problem yang dasyat dan besar....
Mari kita sadari bahwa Yesus bersama kita......GBU all

No comments: