Wednesday, April 22, 2009

HATI-HATI

Hari ini....sebelum berangkat untuk less, gw mencoba membaca not balok untuk lagu2 misa dalam bahasa Mongolia. Makan siangku disiapkan oleh Mary di Don Bosco Technical School, makanan sangat enak karena disiapkan khusus oleh dia utk aku....BAERTLALA MARY. Pelajaran hari ini sangat menarik, kami menyelesaikan SAIN BEINHA 1, dan terus dengan latihan dan praktik serta bicara.
Tiba di komuniatas, makan malam dan saat saya sedang main basket dengan anak2, sebuah trak penuh dengan pasir masuk ke halaman kami (karena kami sedang memperbaiki pagar keliling rumah) tp karena tidak hati-hati dia merusakan tiang listrik dan kabel2 pada putus....akhirnya tidk ada listrik, kemarin sore, truk, sopir dan muatan yang sama menabrak kamar mandi cewek dan rusak berat, tidak bisa digunakan lagi....kurang hati-hati,....
Demikian dengan hidup kitta, kadang kita diburu dengan berbagai aktivitas, kebutuhan, dan hal-hal sekunder lainnya yang membuat kita tidak peduli dengan hal-hal yang lebih primer. Kadang kita terlalu sibuk dengan pekerjaan, hobby, kesenangan-kesenangan sejenak dan membuat kita lupa akan hal-hal yang lebih penting: doa, relasi dengan Tuhan, dengan orang-orang di sekitar kita, dengan tetangga, sesama dan bahkan musuh. Kita kadang kurang hati-hati dengan diri kita sendiri, dengan jiwa kita, dengan hidup kita....karena kurang hati-hati dengan semunya, kita bisa kehilangan arah,kehilangan apa yang menjadi harapan kita, kehilangan harta yang paling berharga dalam hidup kekristenan kita: YESUS. Dia selalu mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati: Hati-hatilah sebab kamu tidak tahu kapan pencuri akan datang......Hati-hatilah sebab roh memang penurut tetapi daging lemah....hati-hatilah sebab singa mengaum-ngaum mencari mangsanya....lawanlah dia teguh dalam iman - demikian nasihat St. Paulus - .
Nasihat dan peringatan mereka bukan sebagai bentuk mengekang kebebasan kita, tetapi membuat kita untuk berpikir tentang sesuatu yang lebih tinggi dibandingkan dengan hal-hal yang fana......kehati-hatian akan melatih kita untuk menghargai orang lain, hati-hati membuat kita menjadi disiplin, tahu mengambil jarak dengan dunia dan menyiapkan ruang bagi diri sendiri untuk berefleksi. Hati-hati membuat kita untuk selalu berpikir tentang diri sendiri dan menjadi waspada terhadap diri sendiri. waspada mengajarkan kita untuk dekat dan mempunyai sikap selalu siap, siap untuk melayni Tuhan, siap untuk sesama.
Semoga Tuhan selalu membuat dan memampukan kita untuk menjadi pribadi yang selalu siap dan hati-hati.......TUHAN MEMBERKATI!!

No comments: