Tuesday, April 28, 2009

SEGALA SESUATU PERLU PERSIAPAN

Saat ini, musim dingin sudah mulai berakhir, cuaca mulai panas dan berangin. Sebagian orang sibuk mempersiapkan lahan untuk nanti menanam sayuran pada musim panas nanti. Komunitas kami pun tidak mau ketinggalan. dua hari ini, saya dan Inkhtur sibuk mempersiapkan "green building" untuk menanam tanaman yang sedang disiapkan oleh Ivona. semuanya perlu persiapan dan berharp nanti mendapat hasil yang memuaskan. Untuk mendapatkan hasil yang baik dari bisnis, para bisnisman sibuk dengan perencanaan dan strategi dan menganalisa situasi global dan untung - rugi. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan orang kadang perlu strategi bahkan para mafia pun mempunyai strategi walau kadang beresiko. Demikian halnya dengan hidup kita baik itu spiritual dan jasmani, untuk mencapai masa depan yang baik, orang perlu persiapan dan strategi.
Bagaimana dengan hidup rohani kita? Untuk mencapai tujuan kebahagiaan abadi, kita butuh juga 'strategi'. Strategi dalam Tuhan, strategi untuk menang dalam pertarungan bagi jiwa kita sebab kata St. Paulus "Berjaga-jagalah sebab singa mengaum-ngaum mencari mangsanya, lawanah dia teguh dalam IMAN" berjaga-jagalah adalah sebuah strategi dan Paulus membekali kita dengan senjata yang teguh dalam berjaga dengan IMAN. Iman membuat kita untuk selalu berharap dan berjaga. Paulus tahu bahwa iman akan Yesus akan membuat kita menang dalam pertarungan, iman itulah yang membuat kita siap untuk bertempur melawan kekuatan dan jebakan iblis dan membawa kita pada hasil yang gemilag: bersatu bersama Tuhan.
Lain Paulus, lain Yesus. Yesus menegaskan kita untuk berjaga dan berjaga sebab kamu tidak tahu kapan pencuri itu datang. Kalau Paulus memberikan kita senjata IMAN maka Yesus memberikan kita senjata BERJAGA DENGAN PELITA BERNYALA. Itulah strategi dari Yesus, kita tidak berjaga dengan tidur dan kita tidak berjaga dalam kegelapan. Seorang satpam memiliki lampu yang terang demi keselamatan daerah dan property yg dijagannya. Kita juga membutuhkan pelita hidup kita yang mampu membuat kita melihat dan bersiap tat kala sang 'permaisuri' tiba.
Hal lain yang ditekankan oleh Yesus untuk hidup rohani kita: BERJAGALAH DALAM DOA SUPAYA KAMU TIDAK JATUH KE DALAM PERCOBAAN. Berjaga dan berjaga dan senjata untuk mendapatkan kesuksesan adalah DOA. Doa menjadi senjata utama dalam pertarungan di dunia yang fana ini. Apakah saya punya waktu untuk doa. Dengan doa kita berseru dan memohon bantuan dari Tuhan yang merupakan sumber dari segala yang ada. seberapakah waktuku untuk berdoa, seberapa kuatkah imanmu, dan sekuat apakah pelitamu????
Semua yang dibekali hanya dengan satu tujuan agar kita selamat dan memperoleh hasil yang gemilang: BERTUMBUH DALAM IMAN DAN KASIH AKAN ALLAH DAN BERSATU BERSAMA BAPA SETELAH MASA MENANAM SELESAI DI KEFANAAN INI. Inilah buah setelah kita mempersiapkan segala sesuatu. seperti seorang petani mempersiapakn lahan demi hasil panen yang memuaskan lewat mencangkul, menggembur,pesiapkan bibit, dll, seorang bisnisman lewat analisis situasi pasar, dll, demikian kita untuk bertumbuh dalam iman dan kasih akan Allah, kita butuh persiapan dan strategi.
Semoga hari demi hari kita semakin bertumbuh dalam persiapan dan strategi untuk semakin dekat dengan DIA.

No comments: