Saturday, April 25, 2009

TERIMA KASIH TUHAN UNTUK PANGGILANKU


Hari ini gereja Katolik di Mongolia bergembira dengan ditahbiskannya Fr. Erve Kufa, CICM, sebagai diakon oleh Mgr. Wenseslaus Padilla, CICM, Uskup Mongolia. tahbisan diakon Erve adalah sebuah rahmat yang indah dari Tuhan. Saat ini saya berpikir dan berefleksi tentang panggilanku sebagai salesian. Dan yang terpikir dalam ingatan dan hatiku hanya SYUKUR. Syukur atas anugerah Tuhan yang indah ini....dari keberdosaanku Ia mengangkat dan memelih hamba-hambaNya yang tak berdaya dan berdosa utk mejadi saksi cintaNya, saksi KasihNya. Ketika saya merefleksikan ketidakpantasanku ini, Tuhan menguatkanku dan membuka jalan untuk menyadarkan saya bahwa Dia mempunyai rencana yang indah atas hidupku....

Indah melihat Fr. Erve telungkup saat litani orang kudus dinyanyikan...Ini adalah tanda kerendahan hati, ketidakberdayaan, keberdosaan dan ketidaklayakan, namun ketika bapa uskup meletakan tangannya....saya percaya saat itu Tuhan menguduskannya, Tuhan melayakan dia menjadi saksiNya.

Saya mengenang dan merefleksikan moment, saat saya mengikrarkan kaul pertamaku 1 agustus 2005, saat itu saya merasa tidak layak dan tidak mampu menjawab panggilan Tuhan, namun rahmat Tuhan selalu ada dan baru dala hidup dan panggilanku. ketika aku jatuh dalam kelemahan dan keberdosaan manausia, Tuhan mengangkat dan menyadarkan serta membimbing langkahku menuju cinta yang sempurna...cinta yang total kepada Dia.

Moment lain yang terus kukenang yaitu tanggal 28 September 2008, ketika saya maju ke altarNya untuk menerima salib misiku di Basilica Maria Penolong Umat Krisitani Turin - Italia. saya menyadari betapa Tuhan mempunyai rencana yang indah buatku....rencana untuk membuat DIA semakin dikenal dan dicintai oleh umatNya. Saat itu, saya merasakan ketidakpantasan untuk salib itu, namun Tuhan mengingatkan aku akan banyak orang yang ingin mengenalnya, ingin mencintaiNya. Saat itu aku dalam doaku hanya menjawab INI AKU TUHAN, JADILAH KEHENDAKMU. Ini adlah bentuk penyerahan diriku, bentuk ketidakmampuanku dan bentuk kepasrahan kepadaNya. Hanya Tuhan yang mampu menguatkan, membimbing dan mengarahkan aku kepada KehendakNya.

Terima kasih Tuhan untuk rhmat dan anugerah panggilanMu. ajari aku untuk mencintaiMu dengan tulus...ajari aku utuk menjadi pembawa cintaMu.

No comments: